Lawan Krisis Sampah di Bali, BCA Digital Luncurkan #bluBuatBaik

STAR-NEWS.ID NasionalBCA Digital secara resmi menginisiasi peluncuran kolaborasi #bluBuatBaik Waste Station Bali bersama Bluebird, Rekosistem, dan Monez di Pool Taksi Bluebird, Jimbaran, Rabu, 17 Desember 2025.

Inisiatif ini respon terhadap tantangan pengelolaan sampah Bali yang sangat mendesak.

Data terkini dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) 2024 menunjukkan bahwa Bali sebagai salah satu destinasi pariwisata utama dunia telah memproduksi timbulan sampah harian yang masif, yang hampir mencapai 3.500 ton.

Data faktual Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (SIPSN) menunjukkan bahwa mayoritas 60 hingga 70 persen dari sampah tersebut, masih berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) regional.

Kondisi TPA yang sering kelebihan kapasitas, seperti di Suwung, menjadi latar belakang kritis yang mendorong sinergi multi-pemangku kepentingan ini untuk berfokus pada solusi di tingkat hulu, yaitu pemilahan sampah di sumbernya.

#bluBuatBaik by BCA difokuskan pada aksi yang terukur melalui integrasi teknologi finansial, menciptakan insentif ekonomi sirkular yang mampu menggerakkan lebih banyak masyarakat untuk memupuk kebiasaan memilah sampah.

Hingga saat ini, BCA Digital bersama Rekosistem telah menghadirkan tujuh #bluBuatBaik waste station di berbagai titik di pulau Jawa, dan hadirnya #bluBuatBaik waste station di Jimbaran, Bali menandai lokasi kedelapan dari upaya kolektif tersebut.

Head of Corporate Communications BCA Digital Nariswari Yudianti mengatakan, sebagai impact-oriented technology company, BCA memastikan kehadirannya untuk membawa dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Salah satu caranya adalah dengan menumbuhkan kebiasaan pengelolaan sampah yang lebih bertanggung jawab dan mendorong perkembangan ekonomi sirkular di Indonesia.

“Karena itu, kami memulai langkah konkret dengan menghadirkan #bluBuatBaik waste station bersama para mitra. Selain itu, kami juga memanfaatkan platform blu by BCA Digital untuk memberikan insentif berupa saldo bluAccount dari konversi Rekopoin, sehingga partisipasi masyarakat dapat berjalan lebih mudah dan terasa manfaatnya secara langsung,” ujar Nariswari Yudianti.

“Seluruh inisiatif ini kami jalankan searah dengan fokus regulator, khususnya OJK, yang kini tengah memperkuat implementasi ESG di sektor keuangan,” imbuhnya.

Selain pertimbangan ESG, langkah yang dijalankan kolaborasi ini juga memiliki payung hukum yang kuat. Secara nasional, BCA Digital mendukung target Pemerintah Pusat yang diatur dalam Perpres No. 97 Tahun 2017 yang mengatur kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah.

Di tingkat lokal, program ini secara aktif mendukung implementasi Peraturan Gubernur Bali No. 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber yang mewajibkan pemilahan sampah di sumbernya.

“Dengan memberikan insentif digital yang transparan, blu berusaha menjadi enabler utama bagi masyarakat Bali untuk mencapai target-target tersebut,” ucapnya.

General Manager Bluebird Group Bali dan Lombok Panca Wiadnyana menegaskan, keberlanjutan sebagai bagian dari fondasi layanan mobilitas yang lebih bertanggung jawab.

“Di area pool, kami secara bertahap mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, ditambah kehadiran #bluBuatBaik Waste Station di Pool Jimbaran menjadi solusi pengelolaan sampah terpilah yang mudah diakses, sekaligus membuka ruang partisipasi lebih luas bagi masyarakat untuk ikut berkontribusi,” jelas Panca.

Panca menambahkna, Waste station mengumpulkan sampah terpilah dari pengemudi, karyawan, dan masyarakat sekitar sebelum masuk ke alur pengolahan Rekosistem.

“Dengan adanya fasilitas ini, kebiasaan pengemudi untuk tidak membawa sampah plastik serta disiplin kawasan bebas sampah menjadi jauh lebih efektif, karena tersedia alur pembuangan yang tepat, teratur, dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Senior VP of Business Growth & Partnership Rekosistem Angga Adhitya Fritz Aradhana, memastikan akuntabilitas proses dan output mempunyai nilai tinggi. Rekosistem juga memastikan, setiap sampah yang dikumpulkan akan dikonversi menjadi sumber daya.

Melalui aplikasi Rekosistem yang terintegrasi dengan blu by BCA Digital sejak 2023, diharapkan dapat membentuk kebiasaan baik di masyarakat dengan literasi keuangan digital yang lebih baik, beriringan dengan meningkatnya literasi serta kepedulian terhadap lingkungan.

“#bluBuatBaik Waste Station Bluebird ini kami harapkan dapat mengurangi beban TPA di Bali, memajukan ekosistem ekonomi sirkular di Indonesia,” jelas Fritz.

Fritz berharap, kolaborasi #bluBuatBaik juga memberikan dampak langsung secara positif kepada masyarakat dengan bentuk insentif daur ulang, sehingga tercipta paradigma baru tentang perpanjangan rantai hidup material kemasan anorganik yang berhasil dipulihkan dan tidak menjadi sampah.

Kampanye melawan sampah ini juga dilengkapi dengan dimensi kreatif lewat dukungan seniman Bali, yakni Monez.

Sebagai seniman visual Bali, karyanya memastikan pesan lingkungan dapat diterima secara luas oleh masyarakat, terutama generasi muda.

Monez, dengan gaya Pop-Art yang cerah, menciptakan mural yang menampilkan karakter berbusana adat Bali  di tengah suasana alam tropis, melambangkan harmonisasi antara manusia dan alam.

Follow and share Google News