STAR-NEWS.ID Trending – Pelayanan tempat pemeriksaan imigrasi pada Bandara dan Pelabuhan di Indonesia dan layanan keimigrasian pada unit pelaksana teknis (kantor imigrasi, unit layanan paspor, unit kerja keimigrasian) untuk sementara mengalami kendala.
Hal ini merupakan imbas dari gangguan kesisteman pada pusat data nasional (PDN) Kementerian Kominfo yang sedang berlangsung, Kamis, 20 Juni 2024.
Dirjen Imigrasi Silmy Karim memberikan penjelasan, pihaknya tetap melayani pelintasan orang asing di bandara dan pelabuhan. Termasuk, permohonan pembuatan paspor.
Di website imigrasi.go.id hingga pukul 21.49 WITA juga tampak tak bisa diakses. Tampilan landing page halaman muka bertuliskan ‘situs tidak dapat dijangkau’. Sedangkan, di website molina.imigrasi.go.id, sebagai website ofisial layanan e-Visa juga muncul notifikasi ‘Maintenance Started Please be patient’.
“Kami sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam dan kami upayakan agar layanan bisa pulih sesegera mungkin,” ujar Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, Kamis 20 Juni 2024.
Menurut Silmy, Penumpang pesawat di bandara internasional dan akan melakukan penerbangan tetap dilayani oleh petugas imigrasi.
Pihaknya mengimbau, penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal ke bandara untuk mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan normal.
Sementara, masyarakat yang sudah terjadwal datang ke kantor imigrasi untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor tetap dilayani seperti biasa.
“Tapi permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat dilayani dan akan segera beroperasi kembali setelah sistem normal,” kata Silmy.