Peningkatan Trafik Data Pelanggan Indosat Melonjak Hingga 25 Persen pada Puncak Arus Mudik 2023

STAR-NEWS.ID Digital – Peningkatan trafik data pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) melonjak hingga 25% terjadi pada puncak arus mudik lebaran 2023. Kenaikan signifikan terjadi di malam takbiran.

Dengan jaringan 100% terintegrasi di 46 ribu sites, Indosat telah berhasil melayani kebutuhan telekomunikasi digital pelanggan selama libur lebaran 2023.

SVP – Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison, Agus Sulistio mengatakan, tingginya kenaikan trafik data membuktikan bahwa pelanggan menikmati jaringan terintegrasi Indosat yang memberikan jangkauan lebih luas, kualitas layanan indoor yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat.

“Keberhasilan ini merupakan hasil dari kolaborasi yang baik dengan para mitra kami dalam memberikan marvelous experience kepada seluruh pelanggan Indosat,” kata Agus Sulistio, di Jakarta, Rabu, 26 April 2023.

Indosat mencatat dalam periode libur Lebaran 2023, pemakaian aplikasi media sosial mengalami kenaikan sebesar 45%, messaging dan video call naik 28%. Mobile gaming naik 14%, serta streaming video dan musik naik 10% dibandingkan dengan lebaran tahun lalu.

“Pelanggan Indosat paling banyak mengakses aplikasi TikTok, WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook saat mengisi waktu mudik dan liburnya, termasuk penggunaan aplikasi permainan daring seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG,” imbuhnya.

Sesuai data statistik, kenaikan lalu lintas data sebesar 15% di masa libur lebaran dibandingkan dengan hari normal.

Indosat berhasil mengantisipasi lonjakan trafik data yang signifikan di berbagai kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Tegal, Serang, Solo, Purwokerto, Purwakarta, Banjarnegara, Cianjur, Madura, Bandung, Pati, dan Tuban.

Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Metro-Kota Bumi, Baturaja, Bandar Lampung, Bone, Sampit, dan Pare-pare.

Untuk menjaga performa jaringan Indosat, tim internal dan mitra di command center dan di lapangan selalu siaga dalam mengantisipasi mobilitas dan kebutuhan pelanggan yang dinamis.

Dengan peralatan dan dashboard khusus untuk pemantauan kualitas jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara terus-menerus serta proaktif selama 24 jam 7 hari. 74% tiket pengaduan pelanggan berhasil diselesaikan kurang dari kurun waktu 24 jam sejak dilaporkan.

Sementara itu, Pengguna aktif aplikasi self-service bima+ dan myIM3 di sepanjang bulan Ramadhan 2023 juga mengalami kenaikan hingga masa libur lebaran

Selain untuk memenuhi kebutuhan dasar telekomunikasi, pelanggan juga turut berpartisipasi dalam berbagai program dan promosi menarik yang ada di aplikasi tersebut.

Trafik pengguna yang mengakses aplikasi tersebut juga menunjukkan tren kenaikan yang sama di bulan Ramadan dibandingkan hari normal. Hal tersebut mengindikasikan tren pemanfaatan kanal layanan digital yang semakin luas oleh pelanggan Indosat dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasinya.

“Dengan jaringan Indosat yang 100% terintegrasi, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman digital pelanggan yang menyesuaikan kebutuhan dan gaya hidup mereka,” ucap Agus.

Follow and share Google News